Sunday, June 30, 2013

Peneliti harapkan situs prasejarah "Loyang Mendale" dijaga

Banda Aceh (ANTARA News) - Peneliti senior Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Harry Truman Simanjuntak, mengharapkan semua pihak menjaga situs prasejarah yang ditemukan di Loyang Mendale Kabupaten Aceh Tengah.

"Kami harap situs prasejarah di kawasan Loyang Mendale Aceh Tengah itu bisa terjaga dan dilestarikan," katanya di Takengon, Minggu.

Melalui Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal, Harry Truman mengatakan masyarakat daerah ini harus memahami temuan arkeolog di Loyang Mendale itu.

"Artinya masyarakat harus mengerti potensi dan tahu sejarah serta budaya terkait dengan identitas masyarakat. Baru akhirnya semua kita bisa merasa saling memiliki terhadap temuan ini," katanya menambahkan.

Harry Truman bersama sejumlah pakar arkeologi lainnya dari Balai Arkeologi Medan tiba di Takengon untuk membahas keterkaitan temuan prasejarah di Loyang Mendale Aceh Tengah dengan kehidupan masyarakat zaman sekarang.

Menurut dia, temuan kerangka prasejarah di Loyang Mendale memiliki nilai strategis dan sangat berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang arkeologi.

Ia menambahkan, penelitian Balar Medan yang diketuai Ketut Wiradnyana di Loyang Mendale menemukan sebuah situs unik yang jarang ditemukan sebelumnya oleh para peneliti arkeolog.


View the original article here

No comments:

Post a Comment